468x60 Ads


Yen dan Swiss Franc Terus Menunjukan Trend Positifnya

Perdagangan mata uang sampai penutupan pasar Amerika, dominasi sentimen safe haven masih mewarnai perdagangan sampai hari ini seiring menurunnya kepercayaan pasar terhadap nilai obligasi Pemerintah Amerika yang terus tergerus di tengah ketidakberdayaan akan lambannya proses pemulihan ekonomnya. Hasil federal reserve meeting minutes dini hari tadi mengusulkan gagasan akan penambahan paket stimulus guna mendorong proses recovery perekonomian negera Paman Sam ini. Bursa saham dow jones pun masih tetap tak beranjak dari level terendahnya dalam beberapa hari terakhir ini sehingga kian menjauhkan hasrat para spekulan melakukan risk appetite.

Mata uang euro, poundsterling serta aussy secara keseluruhan masih dalam posisi terdepresiasi, yen dan swiss franc terus menunjukan trend positifnya karena kuatnya dorongan safe haven currency. Semakin lebarnya nilai obligasi suta negara dengan negara lainnya justru di manfaatkan oleh para spekulan dengan melirik aset yang memilikki resiko rendah di tengah ketidakpastian pemulihan ekonomi global.

Dalam beberapa pekan terakhir ini mata uang yen menjadi sorotan para pelaku pasar global, wacana intervensi serta berbagai permasalahan di Jepang sendiri yang sampai saat ini berhitung ulang untuk melakukan langkah spekulatif di pasar kembali menjadi isu hangat yang semakin santer. Kecemasan pihak Jepang sendiri akan masalah deflasi seiring penguatan yen dan tergerusnya nilai ekpor Jepang memang di jadikan landasan utama akan gagasan intervensi. Akan tetapi pihak BOJ sendiri mempertimbangkan efektifitas suatu kebijakan bila hasilnya tak sesuai dengan yang di inginkan, tanpa dukungan Bank Sentral lainnya rasanya sulit berhasil.

Untuk perdagangan di hari ini, data fundamental ekonomi yang diperkirakan akan mempengaruhi pergerakan pasar diantaranya dari eropa retail sales Jerman dengan estimasi akan membaik bisa menahan euro dari keterpurukan, dari U.K Halifax HPI dan manufacturing PMI dengan estimasi akan menurun, dari Amerika sendiri data ADP Non-farm Employment change dengan estimasi menurun dan ISM manufacturing dengan perkiraan akan menurun pula.

Untuk pergerakan hari ini kami perkirakan dominasi safe haven curency atau risk aversion masih akan mempengaruhi penguatan dolar terhadap euro, pound serta aussy namun masih melemah terhadap yen serta swiss franch. Trend safe haven currency sepertinya masih akan bertahan sampai pengumuman data Non farm payroll Amerika pada akhir pekan nanti. Kekhawatiran terjerumsnya perekonomian Amerika ke dalam resesi ekonomi jilid dua akan terus mendorong para spekulan mendorong sentimen safe haven currency.


Sumber Informasi : financeroll

0 komentar:

Posting Komentar